Detail Berita

Pelaksanaan Audiensi Dengan DPC Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Kab. Mojokerto

22 June 2021 08:17 Admin Kecamatan Pungging Berita

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dyan Anggraini dan Kepala Disnakertrans Kabupaten Mojokerto Nugraha Budi S, melaksanakan audiensi dengan DPC Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Kabupaten Mojokerto, Senin (21/6) sore di ruang SBK. 

Beberapa aspirasi yang disampaikan K-SPSI Kabupaten Mojokerto

-K-SPSI memperjuangkan hak pekerja, tapi berupaya agar jangan sampai membunuh perusahaan. Perusahaan dengan minimal 10 orang pekerja, harus membuat peraturan perusahaan. Namun kebanyakan peraturan perusahaan berbunyi sepihak. Ini banyak terjadi di Kabupaten Mojokerto. Akibatnya, banyak pegawai yang mengalami ketidakadilan dari pihak perusahaan. 

-Pemkab mohon lebih aktif berperan dalam ketenagakerjaan. Walau upah minimum kabupaten (UMK) Kabupaten Mojokerto terbilang cukup tinggi yakni Rp4,279 juta, namun perusahaan yang menjalankan nominal itu tidak lebih dari 18% bahkan jauh di bawah UMK. Mohon bupati melakukan sidak dan mengambil langkah konkrit. 

-Mohon agar dibuatkan perlindungan dalam bentuk Perda untuk melindungi pekerja dari PHK. Serta, aturan agar pekerja diikutkan kepesertaan BPJS Kesehatan. Pekerja sangat membutuhkan perlindungan dari Kepala Daerah dan pengawasan UU Ketenagakerjaan. 

-Mengharap ada bentuk program yang berkaitan dengan pemahaman hubungan industrial. Selain itu, agar anggaran lembaga ketenagakerjaan bisa ditambah. 

Arahan bupati

-Saya sudah pegang Perda yang mengatur tentang PHK. Perda ini sudah ada sebelum kami menjabat. Kita akan koordinasikan lagi. Berbagai aturan harus on the track. Setiap pekerja juga harus melek hukum, agar pekerja mengetahui semua haknya. Kami minta kerja sama dengan aturan yang tepat bersama K-SPSI Kabupaten Mojokerto.