Detail Berita

MUSRENBANG Kecamatan Pungging

10 February 2022 11:56 Admin Kecamatan Pungging Berita

Menginjak tahun 2022, Pemerintah Kab. Mojokerto memberitahukan agar semua kecamatan se-Kab. Mojokerto mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSENBANG) Tingkat Kecamatan.

Rabu (9/2/2022) pagi hari, Kecamatan Pungging melaksanakan kegiatan MUSRENBANG di Pendopo Kantor Kec. Pungging. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD, DPMD, BAPPEDA, Kapolsek Pungging, Danramil Pungging, pihak Puskesmas Watukenongo dan Pungging, dan semua Kades beserta BPD se-Kec. Pungging.

Dalam MUSRENBANG tersebut bertema tentang :

  1. Evaluasi pembangunan daerah.
  2. Tata cara evaluasi rancangan peraturan tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah.
  3. Dan rencana kerja Pemerintah Daerah.

Camat Pungging (Amsar Azhari Siregar, SH.MM) dalam sambutannya mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah "untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang bukan merupakan kewenangan desa menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kec. Pungging, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan dalam wilayah Kec. Pungging yang belum tercakup dalam prioritas dalam kegiatan pembangunan desa, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan dalam wilayah Kec. Pungging baik dalam urusan wajib maupun dalam urusan pilihan berdasarkan tugas dan wewenang OPD Kab. Mojokerto".

 

Dalam Musrenbang RKPD Kab. Mojokerto TA 2023, di Kec. Pungging dari 19 desa telah mengumpulkan program kegiatan melalui aplikasi SIPD sebanyak 192 usulan dengan total nilai anggaran Rp 180.496.000,00 terdiri dari fisik dan non fisik. Sedangkan usulan yang masuk dalam skala prioritas yang telah berkali kali diusulkan tetapi sampai pada saat ini belum direalisasikan sebanyak 7 dari 10 usulan dengan nilai anggaran Rp 14.432.630.000,00.

Musrenbang Kecamatan dalam rangka penyusunan dokumen rencana pembangunan Kecamatan serta dapat menjadi masukan rencana kerja SKPD Kab. Mojokerto pada tahun 2023 merupakan forum yang sangat penting dimana pihak-pihak yang berkepentingan dalam merumuskan program dari kegiatan pembangunan Kec. Pungging dengan tujuan utama supaya ada kesatuan pandangan den presepsi yang sama, serta lebih siap dalam mengantisipasi tantangan dan peluang pembangunan di masa yang akan datang.