Detail Berita

Launching Penerapan Whistleblowing System (WBS) Kabupaten Mojokerto

16 June 2021 08:08 Admin Kecamatan Pungging Berita

Dalam rangka menuju tata kelola pemerintahan yang bersih dan penyelanggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas pemerintahan yang baik, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati
melaunching secara simbolis Sosialisasi Penerapan Whistleblowing System (WBS). Di Kabupaten Mojokerto bertempat di Hotel Arayanna Trawas, selasa (15/6)siang. Hadir dalam acara ini Plt. Inspektorat, Kepala Diskominfo Kab. Mojokerto dan peserta sosialisasi.

Penyelenggaraan Kegiatan Launching Aplikasi Wistleblowing System (WBS) dan Sosialisasi Aplikasi Penanganan Pelaporan Pengaduan Wistleblowing System (WBS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap materi WBS untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik (Good Governance) dan bebas KKN, mendorong pengungkapan penyalahgunaan wewenang serta meningkatkan pengawasan kepada Wistleblower.

Bupati Ikfina dalam sambutannya mengatakan agar bisa melaksanakan Wistleblower sebaik mungkin dan pelaksanaannya akan diawasi dan dievaluasi oleh Inspektorat. "Kita semua berupaya agar wistleblower dapat berjalan dengan baik dan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan akan dievaluasi oleh Inspektorat. Supaya benar-benar tau  apakah berjalan dengan baik dan tidak hanyar sekedar launching saja. keberhasilan dalam penanganan WBS ini tidak hanya bergantung pada unit yang menangani saja, pelaporan pengaduan (WBS) tapi semua ASN di lingkup Pemkab Mojokerto dan masyarakat diharapkan secara aktif melaporkan adanya penerimaan gratifikasi atau terdapat indikasi terjadi korupsi" papar Bupati

Ikfina juga menambahkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan WBS ini salah satu yang mendapat prioritas, dikarenakan mendukung penilaian indeks SPBE(Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)