Detail Berita

Safari Ramadhan

16 May 2019 09:02 Admin Kecamatan Pungging Berita

Rabu, 15 Mei 2019

Salah satu rangkaian Safari Ramadhan Kecamatan Pungging antara lain Shalat Teraweh Bersama di Masjid Al-Hidayah Dsn. Bajangan Ds. Kembangringgit, dengan pengisi kajian KH. Mustofa Idris. Isi dari kajian malam tersebut mengenai landasan utama yang akan menjadi pertanyaan ketika di alam kubur nanti. Pertanyaan tersebut adalah Siapa Rabbmu, Apa agamamu, Siapa Nabimu, Apa kitabmu, Di mana kiblatmu, Siapa saudaramu. Orang yang beriman dan memiliki akidah yang benarlah yang dikokohkan untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Ketika kedua malaikat (Munkar dan Nakir) datang untuk mengajukan pertanyaan di atas, maka bergembiralah bagi orang beriman yang bisa dengan tenang menjawab pertanyaan itu. Adapun orang kafir, di saat dia dalam keadaan tidak mengharapkan akhirat dan masih menginginkan (keindahan) duniawi, maka turunlah malaikat dengan bermuka hitam sambil membawa kain mori kasar dan terciumlah bau busuk sebusuk bangkai yang paling busuk di muka bumi ketika nyawa orang kafir tersebut dicabut. Dan ketika di alam kubur mereka (orang kafir) bertemu dengan kedua malaikat (Munkar dan Nakir), meraka tidak dapat menjawab satu pun pertanyaan yang diajukan. Saat itu juga terdengar seruan dari langit "HambaKu telah berdusta! Hamparkan neraka baginya dan bukakan pintu ke arahnya". Maka hawa panas dan bau busuk neraka pun berhembus ke dalam kuburnya. Lalu kuburannya di press oleh Allah hingga tulang belulangnya pecah dan menancap satu sama lain. Naudzubillahimindalik.

Tetaplah berpegang teguh pada keimanan terhadap Allah SWT. Kesuksesan menjawab semua pertanyaan itu menjadi penentu kesuksesan-kesuksesan berikutnya apakah seseorang akan masuk ke surga atau ke neraka. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang senatiasa sukses dalam menghadapi semua pertanyaan di alam kubur. Amin ya rabbal alamin.

Siapakah rabbmu?’, ‘Rabbku adalah Allah’ jawabnya. Mereka berdua kembali bertanya, ‘Apakah agamamu?’, ‘Agamaku Islam’ sahutnya. Mereka berdua bertanya lagi, ‘Siapakah orang yang telah diutus untuk kalian?’ “Beliau adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam” jawabnya. ‘Dari mana engkau tahu?’ tanya mereka berdua. ‘Aku membaca Al-Qur’an lalu aku mengimaninya dan mempercayainya’. Tiba-tiba terdengarlah suara dari langit yang menyeru, ‘(Jawaban) hamba-Ku benar! Maka hamparkanlah surga baginya, berilah dia pakaian darinya lalu bukakanlah pintu ke arahnya’. Maka menghembuslah angin segar dan harumnya surga (memasuki kuburannya) lalu kuburannya diluaskan sepanjang mata memandang.

Sumber https://rumaysho.com/3259-kajian-rutin-tiga-pertanyaan-kubur-di-yogyakarta.html
landasan utama yang akan menjadi pertanyaan ketika di kubur nanti

Sumber https://rumaysho.com/3259-kajian-rutin-tiga-pertanyaan-kubur-di-yogyakarta.html
landasan utama yang akan menjadi pertanyaan ketika di kubur nanti

Sumber https://rumaysho.com/3259-kajian-rutin-tiga-pertanyaan-kubur-di-yogyakarta.html