TIPS MUDIK LEBARAN

oleh @dminWeb

2019-05-23 09:00:36   |  Dibaca 89 kali

Kegembiraan dalam bulan Ramadhan bagi umat Islam salah satunya adalah mudik. Tradisi yang tidak bisa di pisahkan dari orang Islam setelah beribadah puasa sebulan lamanya. Macet di jalan bukanlah rintangan. Tak jadi soal perjalanan jadi lebih panjang daripada hari-hari biasanya. Bagi anda yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, berikut tips ringan yang perlu dipersiapkan agar perjalanan menjadi aman dan nyaman :

 

1. Daftar barang bawaan. Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum Anda mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

2. Cek kondisi kendaraan. Kendaraan adalah tulang punggung perjalanan Anda. Oleh karena itu, pastikan kendaraan Anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

3. Cek perlengkapan kendaraan. Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan.

4. Bawalah sparepart cadangan. Jangan abaikan soal yang satu ini. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda.

5. Kotak P3K. Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

6. Hiburan. Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur Anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.

7. Peta. Banyak perusahaan jasa atau institusi swasta menyediakan peta jalur mudik. Carilah informasi di mana Anda bisa mendapatkan peta itu. Biasanya, peta-peta yang dibuat khusus untuk mudik memuat sejumlah informasi yang dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan.

8. Layanan gratis otomotif. Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

9. Baterai dan pulsa. Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.

10. Kondisi tubuh. Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.

 

Selain beberapa hal di atas, sebelum berangkat meninggalkan rumah untuk jangka waktu yang lumayan panjang, ada beberapa hal yang mungkin akan membantu anda untuk tidak ceroboh terhadap sesuatu saat sibuk hendak berangkat mudik. Sebab kecerobohan dari sesuatu yang tampak sepele dapat mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri. Nah perhatikanlah 7 hal berikut ini sebelum berangkat mudik jika rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong :

1. Pastikan semua lampu dan alat yang terhubung ke listrik dalam keadaan mati. Seperti stop kontak atau lainnya. Setidaknya meminimalisir jika terjadi hubungan arus pendek secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kebakaran.

2. Pastikan area dapur secara aman, tidak ada gas yang terhubung atau bocor. Amannya cabut kepala gas dan stop kontak alat masak yang menggunakan listrik. Bukan tidak mungkin kebocoran gas terjadi saat rumah ditinggal mudik.

3. Pastikan jendela dan pintu dalam keadaan terkunci. Sebab sangat mungkin ada kelalaian salah satu jendela tak terkunci, yang bisa memudahkan seseorang masuk tanpa izin. Jangan memberi kesempatan karena sedikit kelalaian dari diri sendiri.

4. Jangan lupa berkomunikasi dengan tetangga, satuan pengaman komplek atau RT/RW, bahwa rumah di tinggal untuk mudik. Demi keamanan dan kenyamanan bersama di lingkungan kita sendiri. Sikap saling menjaga harus selalu ada dalam lingkungan kita.

5. Pastikan beberapa bawaan tidak ada yang tertinggal. Perhatikan listing yang sudah di buat dan make sure kembali bahwa semua seperti yang sudah di susun. Jika ada yang tertinggal kan gawat kalau balik lagi.

6. Bacalah doa perjalanan. Ajak juga anggota keluarga yang turut serta dalam perjalanan mudik senantiasa saling menjaga satu dengan yang lainnya, untuk saling mengingatkan agar selamat dalam perjalanan.

 

Selamat mudik, selamat dijalan, selamat kembali pulang dan beraktivitas kembali.