Tips Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

oleh @dminWeb

2019-05-13 13:31:22   |  Dibaca 69 kali

Bekerja di bulan puasa terkadang membuat kurang semangat. Gara-gara suasana kantor yang dingin plus perut yang kosong pasti membuat kita merasa ingin tidur. Eits,,,,,, jangan jadikan bulan puasa alasan untuk malas-malasan. Agar tetap semangat kerja di bulan puasa, berikut ada beberapa tips.

1. TIDUR YANG CUKUP

    Untuk menghindari rasa kantuk yang berlebihan, maka kita harus tidur yang cukup di malam hari. Hindari begadang berlebihan. Lebih baik memajukan jam tidur agar memiliki waktu tidur yang cukup. Namun jika memang kantuk tak tertahankan ketika di kantor, bisa mengambil power nap bila memungkinkan selama 10 menit. Energi akan kembali lagi dan bisa semangat terus untuk bekerja.

2. PERHATIKAN ASUPAN AIR PUTIH

    Saat sahur, asupan air putih harus tercukupi agar tidak dehidrasi selama puasa. Air putih mengandung mineral yang baik untuk tubuh karena bisa menjaga kadar oksigen di otak. Setelah berbuka, kita juga dianjurkan untuk minum air putih yang banyak. Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis karena dapat membuat kita cepat merasa ngantuk. Imbangi juga asupan saat sahur dan berbuka dengan makanan bergizi.

3. MANFAATKAN JAM ISTIRAHAT

    Walaupun terkadang istirahat saat puasa lebih singkat, tapi sebaiknya kita manfaatkan waktu tersebut untuk meregangkan diri. Setelah beribadah, kita bisa tidur siang sebentar untuk mengembalikan energi. Setelah pikiran dan tubuh beristirahat dengan baik, kita bisa kembali fokus untuk bekerja lagi.

4. SIBUKKAN DIRI

    Supaya waktu puasa tidak terlalu terasa, kita bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan. Ketika kita fokus bekerja, waktu akan serasa terlupakan. Pekerjaan akan cepat selesai dan waktu puasa jadi tidak terasa. Jangan sampai kita terlalu merasa malas, pekerjaan pastinya akan terbengkalai dan semakin menumpuk. Untuk membantu, cobalah bekerja sambil mendengarkan lagu favorit. Pasti jadi makin semangat, deh!

5. JANGAN SERING LIHAT JAM

    Kalau kita terlalu sering melihat jam dan menghitung waktu menuju maghrib, maka waktu akan semakin terasa lama. Ketika kita sadar kalau waktu maghrib masih lama, pasti akan langsung merasa lemas dan malas. Iya kan? Jadi, jangan terlalu sering melihat jam dan tetap fokus pada pekerjaan.

6. KURANGI AKTIVITAS

    Selain pekerjaan, kita sebaiknya mengurangi aktivitas yang berlebihan saat puasa. Banyaknya aktivitas akan membuat tubuh kita cepat lelah dan merasa lapar serta haus. Pastinya puasa akan terganggu. Jadi, kurangi aktivitas yang biasanya dilakukan saat tidak puasa.

7. BERBUKA PUASA BERSAMA

    Berbuka puasa bersama teman di kantor bisa membuat semangat bekerja, lho. Kita bisa menyiapkan takjil kecil-kecilan dan menikmati buka puasa bersama dengan teman-teman. Saat bekerja, kita seperti punya suatu hal yang dinanti-nantikan pada saat berbuka nanti. Jangan lupa untuk selesaikan pekerjaan terlebih dahulu baru menyiapkan buka bersama di kantor.

8. INTERAKSI DENGAN TEMAN

    Di sela-sela pekerjaan, tidak ada salahnya untuk sekedar menyegarkan pikiran dengan berbagi cerita atau bercanda dengan teman sekantor. Hal ini bisa membantu untuk kembali berenergi saat puasa. Tapi, kita perlu lihat situasi juga, jangan sampai teman yang sedang sibuk bekerja jadi terganggu fokusnya karena kita ajak bicara. Interaksi dengan teman kantor juga bisa meningkatkan nilai sosial kita di kantor.

Sekian tips yang bisa dibagikan, semoga bisa menambah semangat bekerja saat puasa.